Media AS Kagum Lihat Timnas Indonesia - CNN Indonesia

 

Media AS Kagum Lihat Timnas Indonesia

Rabu, 02 Okt 2024 01:45 WIB

Dukungan suporter Timnas Indonesia saat melawan Australia. (ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Media yang berbasis di Amerika Serikat New York Times menyatakan kagum dengan luar biasanya dampak Timnas Indonesia.

Hal itu dimuat dalam ulasan di salah satu artikel mereka. Artikel ini memuat kisah pemain tim Garuda yang mendapatkan perhatian besar dari pencinta sepak bola di Indonesia.

Perhatian ini bukan hanya dalam bentuk jumlah pengikut di media sosial setiap pemain dan klub tempat pemain bernaung. Namun juga fanatisme yang ditunjukkan langsung saat hadir memberikan dukungan setiap kali Timnas Indonesia bertanding.

New York Times mengambil cerita dari sudut pandang beberapa pemain Timnas Indonesia seperti Maarten Paes hingga Justin Hubner.

Disebutkan New York Times, pengikut Paes bertambah pesat sejak dikaitkan dengan Indonesia. Saat ini jumlah pengikut kiper FC Dallas itu di Instagram mencapai 1,7 juta dan Tiktok berada di angka 1,2 juta.

"Seperti rekan satu timnya di timnas, Paes dikerumuni ketika mengunjungi negara tersebut [Indonesia] dan memiliki banyak pengikut di media sosial, jauh lebih besar dari yang diharapkan seorang pemain yang belum merasakan berada di tingkat teratas sepak bola," tulis media Negeri Pam Sam itu.

Sorotan juga diarahkan pada efek jumlah pengikut media sosial klub baru Marselino Ferdinand, Oxford United dan Brisbane Roar yang kini dibela Rafael Struick.

New York Times turut membandingkan jumlah pengikut di media sosial Timnas Indonesia dengan timnas AS.

Total jumlah pengikut pemain inti Timnas Indonesia saat menahan imbang Australia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mencapai 26,9 juta. Sedangkan jumlah pengikut media sosial skuad timnas AS saat meladeni Selandia Baru dalam laga uji coba berada di bawah 10 juta.

"Inilah efek Indonesia. Negara di kawasan Asia Tenggara ini memiliki populasi lebih dari 280 juta orang dan sepak bola adalah olahraga nomor satu," ulas mereka.

Edusports: Sejarah Piala Asia U-20
(jal/ptr)

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita