Profil Timnas Arab Saudi: Peringkat FIFA, Pelatih, Pemain Berbahaya - kompas

 

Profil Timnas Arab Saudi: Peringkat FIFA, Pelatih, Pemain Berbahaya

KOMPAS.com - Berikut adalah profil Timnas Arab Saudi yang bakal menjadi lawan perdana Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertandingan Arab Saudi vs Indonesia akan bergulir di Jeddah, Arab Saudi, pada Kamis (5/9/2024) atau Jumat dini hari WIB.

Arab Saudi adalah salah satu tim terkuat Asia dengan tujuh kali penampilan di Piala Dunia.

Baca juga: Arab Vs Indonesia: Menanti Duel Liga Italia

Berikut adalah beberapa hal yang patut diketahui soal timnas Arab Saudi:

Julukan

Timnas Arab Saudi memiliki beberapa julukan: Al-Akhdar (Si Hijau), Al-Arabiyyah (Alap-alap Arab), atau Suqur al-Khodur (Alap-alap Hijau).

Peringkat FIFA

Timnas Arab Saudi duduk di peringkat ke-56 dunia, di antara Irak (55) dan Afrika Selatan (57). Mereka sempat mencatatkan peringkat FIFA tertinggi di posisi ke-21 pada 2004 sementara peringkat terendah di posisi ke-126 pada 2012.

Prestasi

Arab Saudi merupakan salah satu negara sepak bola tersukses di Asia. Mereka telah lolos tujuh kali ke Piala Dunia sejak melakoni debut pada 1994 dan bermain dalam 19 laga di babak final Piala Dunia. Selain itu, Al-Akhdar juga telah tiga kali menjadi juara Piala Asia (1984, 1988, dan 1996).

Baca juga: Timnas Indonesia Hadapi Tantangan Hujan Arab Saudi, STY Ungkap Kondisi Paes

Pelatih

Timnas Arab Saudi dipimpin oleh pelatih kawakan asal Italia, Roberto Mancini. Eks striker Sampdoria dan Lazio ini telah menukangi Al-Akhdar sejak Agustus 2023 dan memiliki kontrak hingga 2027.

Sebagai pelatih, Mancini pernah membawa Inter Milan juara tiga kali Serie A dan memberikan gelar perdana Premier League bagi Manchester City.

Mancini juga pelatih yang menakhodai Timnas Italia menuju gelar juara Piala Eropa 2020.

Baca juga: Arab Saudi Vs Indonesia: Kata Top Skor Green Falcons soal Kekuatan Indonesia

Performa di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

Arab Saudi berduel sengit dengan Yordania di Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Pasukan Mancini menorehkan poin akhir 13, sama dengan Yordania pada klasemen akhir.

Akan tetapi, mereka kalah produktivitas gol (+9) berbanding Yordania (+12) sehingga harus duduk di posisi kedua.

Baca juga: Arab Saudi Vs Indonesia: 14 Pemain Garuda Jalani Umrah, Termasuk Ragnar

Pemain Kunci

Saleh Al-Shehri menjadi pencetak gol terbanyak Arab Saudi di putaran kedua kualifikasi. Penyerang Al-Hilal tersebut membukukan empat dari 12 gol Arab Saudi di fase tersebut. Secara total, penyerang berusia 30 tahun ini telah mengoleksi 15 gol dari 33 laga bagi Timnas Arab Saudi.

Pemain Terbaik Asia dan penjebol gawang Argentina di Piala Dunia 2022, Salem Al-Dawsari, juga masih jadi ancaman pada usianya yang telah menginjak 33 tahun.

Satu nama lain yang menonjol adalah bek Saud Abdulhamid. Bek sayap berusia 25 tahun ini menjadi pemain Arab Saudi pertama yang dikontrak secara permanen oleh suatu klub di lima liga besar Eropa kala AS Roma mendatangkannya pada musim panas ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita