Intip Safety Car BMW XM Label Red di MotoGP Indonesia 2024 - Kompas

 

Intip Safety Car BMW XM Label Red di MotoGP Indonesia 2024

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian MotoGP Indonesia 2024 yang berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika digelar sejak Jumat (27/9/2024).

Dalam setiap ajang balap umumnya memiliki safety car yang bertugas untuk menetralisir jalannya kompetisi apabila ada keadaan darurat seperti kecelakaan, cuaca hujan dan sebagainya.

Tak terkecuali gelaran MotoGP yang menggunakan merek mewah asal Jerman, BMW, sebagai safety car.

Untuk ajang MotoGP Indonesia 2024, BMW M GmbH menghadirkan BMW XM Label Red, BMW M3 Touring, dan BMW M3 Sedan sebagai safety car, serta BMW M 1000 RR Safety Bike.

Baca juga: Stok Neta V Sudah Habis, Neta Cuma Jual Neta V-II

BMW M 1000 RR, yang merupakan model M pertama dari BMW Motorrad, juga akan dipamerkan dalam versi balap di ajang Superbike World Championship.

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan, kolaborasi BMW M dengan MotoGP sudah memasuki 26 musim. Ini sekaligus merupakan hal yang sangat spesial dalam dunia balap internasional.

“Kami terus menghadirkan inovasi, teknologi terdepan, dan tentunya performa tinggi dalam kendaraan kami di ajang MotoGP. Tahun ini, BMW XM Label Red memperkuat peran kami dalam memastikan keselamatan balapan dengan teknologi mutakhir,” kata Jodie O’tania.

BMW XM Label Red sebagai Official Safety Car of MotoGP Mandalika 2024

Lihat Foto

Untuk BMW XM Label Red sudah dilengkapi dengan berbagai elemen safety car MotoGP, termasuk lampu depan tambahan yang bisa berkedip, bar atap Safety Car, splitter depan, kursi Recaro, sabuk pengaman balap 6 titik, dan alat pemadam kebakaran.

Sport activity vehicle (SAV) dengan performa tinggi dari BMW ini juga sudah menggunakan livery khas BMW M, dengan perpaduan warna merah, hitam dan putih.

BMW XM Label Red menggabungkan sistem M Hybrid dengan tenaga ekstra. Sistem plug-in hybrid delapan silinder dengan tenaga total 748 hp dan torsi 1.000 Nm menjadikan mobil ini sebagai model BMW M paling bertenaga.

Mesin V8 4.4 liter berperforma tinggi bekerja harmonis dengan motor listrik 145 kW (197 hp) untuk menghasilkan dorongan yang luar biasa ditambah dengan suara mesin khas M. Teknologi pre-gearing yang dipatenkan oleh BMW meningkatkan torsi motor listrik hingga 450 Nm.


BMW XM Label Red diklaim dapat melaju dari 0 hingga 100 Km per jam hanya dalam 3,8 detik. Kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronik hingga 250 Km per jam, namun dapat meningkat hingga 290 Km per jam dengan paket opsional M Driver’s Package.

Selain memberikan sensasi berkendara khas M, Adaptive M Suspension Professional menjanjikan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari. Sistem ini mencakup peredam kejut yang dikendalikan secara elektronik, stabilisator aktif, dan Integral Active Steering.

Baca juga: Harga Resmi GMW Tank 300, Tatap Langsung BAIC BJ40 Plus

BMW XM Label Red juga sudah dibekali dengan rem M sport, differensial M Sport, M Setup, serta sistem pengereman terintegrasi spesifik M, sehingga mampu menghasilkan daya pengereman yang sesuai dengan input pengemudi dan memberikan rasa pedal yang konsisten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita