IKN Tetap Berlanjut meski Jokowi Lengser, Rp 9,11 Triliun Disiapkan - Kompas

 

IKN Tetap Berlanjut meski Jokowi Lengser, Rp 9,11 Triliun Disiapkan

NUSANTARA, KOMPAS.com - Meski era pemerintahan Presiden Joko Widodo akan berakhir tahun ini, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan tetap berlanjut.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengalokasikan dana sebesar Rp 9,11 triliun untuk membangun IKN tahun 2025. 

“Dana untuk keberlanjutan pembangunan IKN di tahun 2025 sebesar Rp 9,11 triliun. Itu dipakai untuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Perumahan,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (18/9/2024).

Baca juga: Perumahan Terjangkau di Bawah Rp 200 Juta di Penyangga IKN

Untuk bidang Bina Marga, beberapa kegiatan yang akan dilakukan yakni penanganan jalan akses dan di dalam Kawasan Inti Pusat pemerintahan (KIPP), peningkatan Jalan Kawasan West ResidencePresident Core dan Sumbu Tripraja, hingga pemenuhan sebagian kebutuhan pembangunan bandara IKN sisi udara.


Sementara itu, di bidang Cipta Karya, anggaran akan dialokasikan untuk pembangunan kawasan peribadatan, Kantor Kementerian PUPR, jaringan distribusi air, hingga pembanguann pasar dan Puskesmas di kawasan.

“Di bidang perumahan akan digunakan untuk melanjutkan penuntasan pembangunan tower rusun ASN-Hankam,” papar Basuki.

Baca juga: Akhiri Kunker di Kaltim, AHY Tinjau Kantor Badan Bank Tanah Dekat IKN

Untuk diketahui, dalam menjalankan program kerjanya tahun 2025 mendatang, Kementerian PUPR mendapatkan sokongan dana dari APBN sebesar Rp 116,23 triliun.

Sebelumnya dalam nota keuangan Rancangan APBN Tahun Anggaran 2025, Kementerian PUPR hanya mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 75,63 triliun.

Namun sesuai surat Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan perihal perubahan pagu anggaran Kementerian dan Lembaga, terdapat tambahan anggaran sebesar Rp 40,594 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita