Vietnam Resmi Diperkuat Striker Naturalisasi Asal Brasil, Shin Tae-yong Tak Mau Kalah Panggil David da Silva untuk Timnas Indonesia? - TvOnenews

 

Vietnam Resmi Diperkuat Striker Naturalisasi Asal Brasil, Shin Tae-yong Tak Mau Kalah Panggil David da Silva untuk Timnas Indonesia?

Jakarta, tvOnenews.com - Timnas Vietnam resmi bakal diperkuat striker naturalisasi asal BrasilRafaelson Bezerra Fernandes jelang menghadapi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2024.

Rafaelson secara resmi dinaturalisasi dan memenuhi syarat untuk bermain di V-League sebagai pemain berpaspor Vietnam sejak Jumat, 20 September 2024.

Bomber berusia 27 tahun itu resmi menerima keputusan dari pemerintah dan diakui sebagai warga negara Vietnam dengan nama barunya yakni Nguyen Xuan Son. 

Striker asal Brasil, Rafaelson Bezerra Fernandes resmi bakal memperkuat Timnas Vietnam usai dinaturalisasi
Striker asal Brasil, Rafaelson Bezerra Fernandes resmi bakal memperkuat Timnas Vietnam usai dinaturalisasi
Sumber :
  • Instagram/Rafaelson Bezerra Fernandes

"Hari ini saya sangat bahagia. Keinginan saya untuk menjadi warga negara Vietnam menjadi kenyataan," kata Rafaelson, dikutip dari The Thao.

"Saya mencintai negara ini dan akan berusaha sebaik mungkin di lapangan sepak bola," tambahnya.

Sebelumnya, Rafaelson mencetak gol pembuka untuk Nam Dinh di AFC Champions League Two saat menang 2-0 atas Lee Man (Hong Kong) pada laga tandang.

Bomber asal Brasil itu akan debut sebagai pemain Vietnam di V-League 2024/2025 pada 22 September 2024 nanti di Stadion Thien Truong.

Rafaelson kemungkinan akan membela Vietnam di Piala AFF 2024 sehingga menjadi sinyal bahaya bagi Timnas Indonesia yang satu grup dengan mereka.

Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos pada Piala AFF 2024 yang akan digelar pada Desember mendatang.

Adapun Grup A diisi oleh Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Dengan kehadiran Rafaelson di skuad Vietnam, akankah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga tertarik menaturalisasi striker asal Brasil?

Salah satunya ada penyerang Persib Bandung, David da Silva yang belakangan mengaku tertarik untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

Dalam wawancara dengan Transfermarkt Indonesia, top skor Liga 1 musim lalu itu berharap bisa dinaturalisasi demi membela Garuda setelah bermain di Liga Indonesia sejak 2017.

David da Silva

"Saya pikir saya akan menetap di sini (Indonesia), saya berharap bisa bermain untuk Timnas Indonesia dan mengenakan jersey Timnas Indonesia," kata David Da Silva dikutip dari kanal YouTube Transfermarkt Indonesia.

Lantas seperti apa respons Shin Tae-yong? Sayangnya pelatih asal Korea Selatan ini hanya memberikan rekomendasi untuk calon pemain naturalisasi yang memiliki darah Indonesia saja.

Sementara David da Silva yang merupakan asli asal Brasil tidak memiliki garis keturunan Indonesia sehingga peluang untuk dinaturalisasi akan sulit didapatkan.

Striker 100 Gol Ini Gagal Curi Perhatian Shin Tae-yong, Langsung Gagal di Kriteria Pertama Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia
Striker 100 Gol Ini Gagal Curi Perhatian Shin Tae-yong, Langsung Gagal di Kriteria Pertama Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia
Sumber :
  • Kolase tvOnenews/Persib

"Saya hanya melihat pemain dengan keturunan Indonesia, untuk itu tidak ada pemain tanpa darah Indonesia yang membuatnya tertarik," kata Shin Tae-yong di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (20/9/2024). 

Sebagai informasi, David da Silva sendiri merupakan predator yang tajam di Liga 1 musim lalu dengan mencetak total 29 gol.

Selain menjadi top skor Liga 1 2023/2024, bomber asal Brasil itu juga sukses membawa Persib Bandung juara.

Sayangnya, David da Silva musim ini harus mengalami cedera dan absen dalam beberapa laga.

Namun ia diprediksi akan kembali tampil saat Persib Bandung menjamu Persija Jakarta di Liga 1 2024/2025 pada 23 September 2024 mendatang.

(yus)

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita