Video Viral Atlet Voli di PON XXI 2024, Pj Gubernur dan Menpora Buka Suara - Kompas

 

Video Viral Atlet Voli di PON XXI 2024, Pj Gubernur dan Menpora Buka Suara

KOMPAS.com - Baru-baru ini, jagat media sosial dihebohkan oleh sebuah video viral yang menunjukkan kondisi tak terduga di venue pertandingan PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Dalam video tersebut, tampak para atlet cabang olahraga (cabor) bola voli harus berjalan melintasi jalur yang becek dan berlumpur untuk menuju arena pertandingan.

Tak hanya itu, mereka terpaksa menggunakan papan kecil sebagai alas agar sepatu mereka tidak terperosok ke dalam lumpur.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Poin yang Harus Diraih Timnas untuk ke Lolos Piala Dunia 2026

Serangan Udara Israel di Dataran Tinggi Golan Tewaskan Warga Suriah

Video ini langsung menuai berbagai reaksi dari publik. Banyak pihak mempertanyakan kesiapan tuan rumah dalam menyelenggarakan ajang multi-olahraga nasional bergengsi ini.

Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Agus Fatoni pun angkat bicara dan menjelaskan duduk perkaranya.

Baca juga: Penjelasan KONI Pusat dan PB PON soal Akses Jalan ke GOR Voli PON XXI yang Rusak dan Tuai Kritik

"Jadi, waktu itu Presiden mau berkunjung dan jalan depan harus steril. Akhirnya, akses seluruh atlet harus lewat pintu belakang. Jadi itu bukan akses utama. Sementara di area pintu belakang, jalannya masih belum selesai," ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa pengerjaan area belakang baru dijadwalkan rampung pada Desember 2024. Keterlambatan ini karena anggaran dari APBN untuk pembangunan GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center baru turun pada Juli 2024.

"Tapi tetap itu bukan area utama menuju venue, tapi kami terima masukannya untuk perbaikan di masa depan. Kami langsung melakukan perbaikan dan sekarang sudah dirapikan," tegasnya.

Baca juga: Jalan Berkubang ke Venue Voli Indoor PON Ditimbun Tanah, Panpel: Sudah Tidak Becek

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (MenporaDito Ariotedjo akhirnya turut angkat bicara terkait berbagai keluhan tentang fasilitas PON XXI 2024. Kritik terutama datang dari kondisi yang dianggap kurang memadai di beberapa.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima laporan resmi mengenai situasi tersebut. Tidak menutup mata, ia mengakui bahwa memang ada sejumlah masalah yang perlu segera ditangani, terutama di arena voli.

“Merespons unggahan dari beberapa atlet, kami langsung menyelidiki dan menindaklanjuti keluhan yang kami terima terkait fasilitas arena voli untuk PON XXI 2024” katanya dalam keterangan resmi Kemenpora.

Baca juga: Walkot Bobby Optimistis Proyek-proyek Multiyears Akan Bermanfaat bagi Masyarakat

Untuk itu, ia juga memberikan jaminan bahwa pemerintah akan terus memantau situasi di lapangan serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan jalannya PON XXI 2024 ini berlangsung dengan lancar. 

“Kami tidak perlu menunggu lama, perbaikan langsung dilakukan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita