Timnas Indonesia Ketiban Untung, Timnas China Kehilangan Satu Bombernya Usai Dilarang Bermain Seumur Hidup Gara-gara Terlibat Pengaturan Skor - TvOnenews

 

Timnas Indonesia Ketiban Untung, Timnas China Kehilangan Satu Bombernya Usai Dilarang Bermain Seumur Hidup Gara-gara Terlibat Pengaturan Skor

Jakarta, tvOnenews.com - Timnas Indonesia ketiban untung pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah penyerang Timnas China dijatuhi hukuman larangan bermain seumur hidup usai terlibat pengaturan skor.

Timnas Indonesia akan melawat ke markas China pada matchday keempat putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Sesuai jadwal, duel Timnas Indonesia vs China bakal berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, China (15/10/2024) malam WIB.

Sebelum bersua Timnas Indonesia, China rupanya mendapatkan kabar miring dari dunia sepak bola mereka.

Menurut laporan AP News, Federasi Sepak Bola China (CFA) telah melarang 43 orang seumur hidup atas tuduhan pengaturan skor dan korupsi.

Hal itu usai Zhang Xiaopeng, seorang pejabat tinggi kepolisian dan jajarannya melakukan investigasi selama dua tahun untuk mengungkap kasus perjudian daring, pengaturan skor, dan penyuapan.

Media lokal China, Xinhua melaporkan 120 pertandingan di liga domestik, 128 tersangka kriminal, dan 41 klub terlibat dalam penyelidikan tersebut.

Akibatnya, 38 pemain dan lima pejabat yang bekerja untuk berbagai klub mendapatkan hukuman dari CFA.

Menurut AP News, di antaranya ada pesepak bola asal China, yakni Guo Tianyu, Jin Jingdao, dan Gu Chao menerima larangan bermain seumur hidup.

Pemain dan ofisial lainnya dijatuhi hukuman larangan bermain yang lebih pendek, termasuk pemain asing yang diiming-imingi gaji tinggi oleh China.

Sementara pemain Korea Selatan, Son Jun-ho dan Ewolo Donovan dari Kamerun dijatuhi hukuman larangan bermain selama lima tahun.

Son Jun-ho merupakan rekan Pratama Arhan di Suwon FC saat ini yang sebelumnya membela Shandong Taishan pada 2021-2023.

Menariknya, ada satu nama yang merupakan pemain yang masih aktif di Timnas China, yakni Guo Tianyu.

Menurut Transfermarkt, penyerang Timnas China itu saat ini bermain untuk Singha Chiangrai United, klub Liga Thailand.

Hukuman yang didapat bomber berusia 25 tahun tersebut tentu bisa menguntungkan bagi Timnas Indonesia selaku lawan China.

Pemain Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia
Sumber :
  • tvOnenews.com - Julio Tri Saputra

Sebab, China kehilangan salah satu penyerang potensialnya dalam mempertajam lini serang mereka.

Meskipun, Guo Tianyu sejatinya belum pernah mencatatkan penampilan bersama Timnas China senior di ajang resmi.

(yus)

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita