Sah, DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders - Kompas

 

Sah, DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menyetujui proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Dengan demikian, kedua pesepakbola asal Belanda itu disetujui mendapat status kewarganegaraan Indonesia.

Persetujuan ini ditetapkan dalam Rapat Papirpurna (Rapur) yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

"Apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Hilgers dapat disetujui?" kata Lodewijk kepada peserta rapat.

"Setuju," jawab peserta di rapat.

Baca juga: Pengambilan Sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di Belanda Dianggap Hal yang Biasa

Adapun rapat paripurna ini dihadiri sebanyak 48 anggota dan 260 orang izin dari total 570 anggota.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI dan Komisi X DPR RI juga telah menyetujui proses naturalisasi dua pemain sepakbola tersebut.

Dalam rapat di Komisi X DPR RI, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menjelaskan alasan Hilgers dan Reijnders diusulkan mendapat status kewarganegaraan.

Menurut Dito, Mees Hilgers memiliki pengalaman sepakbola bertaraf internasional. Dia juga pemain termuda di Timnas Belanda.

Berikut adalah profil Eliano Reijnders, bek PEC Zwolle yang akan menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Ia adalah adik dari gelandang AC Milan, Tijani Reijnders.

Lihat Foto

Selanjutnya, Kemenpora memproyeksikan Hilgers untuk memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA World Cup 2026 Asian Qualifiers Round 3 Tahun 2024 dan 2025, ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024, dan AFC Asian Cup Saudi Arabia 2027.

"Sementara, untuk jangka panjang, Hilgers diproyeksikan untuk membantu target ranking 100 besar FIFA (10 besar Asia) - FIFA Matchday," kata Dito di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Sementara itu, Eliano Reijnders adalah pemain klub PEC Zwolle. Eliano juga adalah pemain muda sepakbola yang memiliki pengalaman internasional.

Politikus Partai Golkar ini memproyeksikan Eliano Reijnders memperkuat Timnas Indonesia pada pertandingan FIFA World Cup 2026 Asian Qualifiers Round 3 Tahun 2024 dan 2025, ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024, dan AFC Asian Cup Saudi Arabia 2027.

"Kajian proyeksi pemberdayaan atlet dimaksud untuk jangka panjang (di atas 5 tahun), sebagai berikut: Pemberdayaan atlet yang dimaksud untuk target jangka panjang (diatas 5 tahun) yaitu Target ranking 100 besar FIFA (10 besar Asia) - FIFA Matchday," ujar Dito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita