Peran Gelandang Persib Marc Klok di Balik Kerja Sama PSSI-KNVB untuk Kembangan Sepak Bola Usia Muda - Tribunjabar

 

Peran Gelandang Persib Marc Klok di Balik Kerja Sama PSSI-KNVB untuk Kembangan Sepak Bola Usia Muda - Tribunjabar

TRIBUNJABAR.ID - Ada peran gelandang Persib BandungMarc Klok, di balik kerja sama antara federasi sepak bola Indonesia, PSSI, dan federasi sepak bola Belanda, KNVB.

Dua fererasi ini resmi bekerja sama untuk percepatan prestasi sepak bola Indonesia.  

Memorandum of understanding (MoU) telah ditandatangani kedua belah pihak di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir turut menjamu perwakilan KNVB Secretary General, Gijs de Jong, Head of international Program & World Coaches, Michael van der Star, dan Head of Sales, New Partnership, Ruud van der Sar.

Turut hadir pemain dalam kemitraan tersebut pemain timnas Indonesia, kelahiran BelandaMarc Klok.

Kapten Persib itu menjelaskan, ini merupakan kerja sama yang positif antara dua federasi.

Tujuannya jelas demi perkembangan sepak bola Indonesia dari level grassroot serta program edukasi untuk pelatih-pelatih, dan rencana laga persahabatan internasional usia muda.  

"Untuk pengembangan sepak bola baik itu di level senior dan juga dalam level grassroot, memberi pelajaran kepada anak-anak dan struktur di liga. Memberi kesempatan bagi para anak-anak untuk bermain sepak bola," kata Klok.  

Baca juga: JADWAL Lengkap Pekan Kedelapan Liga 1 2024-2025, Kapan Persib Bandung Main?

"Selain itu, ada juga program edukasi untuk pelatih. Jadi, ada banyak hal dan kami menganalisis rencananya dalam kerangka waktu, termasuk untuk laga di tim senior atau tim wanita. Laga persahabatan internasional usia muda, mungkin tim Indonesia bisa pergi ke Belanda dengan berlatih di sana," katanya.  

Peran Klok di sana adalah menjadi jembatan komunikasi antar-dua federasi, mengingat Marc Klok besar dan meraih prestasi di dua negara tersebut.  

Klok belajar dan meniti karier sepak bola sejak usia dini di lingkungan sepak bola Belanda, jebolan Akademi FC Utrecht.  

Dia lalu berkarier di Liga Indonesia sejak 2017, dengan bergabung PSM Makassar, Persija Jakarta, dan sekarang Persib Bandung.  

Dia lalu memutuskan menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan memperkuat timnas Indonesia sejak 2022.

"Peran saya ada di belakang ini. Saya bersama mitra dan perusahaan merancang pertemuan keduanya, kami membangun komunikasinya, membentuk gagasannya, dan dari ide ini akhirnya bisa terwujud karena kedua pihak merasa tertarik akan hal ini," kata Klok.  

Baca juga: Tidak Pulang Setelah Melawan Madura United, di Sini Posisi Skuad Persib Sebelum Terbang ke Cina

"Peran saya di sini adalah untuk menjadi jembatan kedua negara karena pengalaman saya berada di dua negara ini, dahulu saya di Belanda dan sekarang di Indonesia," ceritanya.  

"KNVB sangat senang pada saya karena bisa ada bagi mereka dan membantu mereka, membuat semuanya bisa terjadi dan memberi mereka masukan," tutur dia. 

Pemain 31 tahun ini berharap dengan adanya kerja sama kemitraan ini, sepak bola akar rumput di Indonesia bisa terus berkembang memproduksi talenta yang besar seperti Negeri Belanda.  

"Saya harap di level grassroot di Indonesia bisa berkembang dan Indonesia bisa memproduksi talenta yang besar, seperti di Belanda dalam 10-15 tahun terakhir," harap Klok.  "Supaya Indonesia bisa bangga dan mungkin saja ada anak kelahiran Indonesia yang bermain di Premier League atau yang lainnya," ucapnya. (*) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kerja Sama PSSI dan KNVB, Saat Marc Klok Jadi Penghubung Dua Negara..."

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita