Penjualan UMKM di Sumut tembus Rp300 juta selama PON - ANTARA News

 

Penjualan UMKM di Sumut tembus Rp300 juta selama PON - ANTARA News

Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Diskop UKM) mencatat sampai hari ini penjualan UMKM dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mencapai Rp300 juta.

"Sampai saat ini, sudah terhimpun penjualan sekitar Rp300 Juta dan masih akan bertambah apalagi setelah pembukaan diselenggarakan," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sumut Naslindo Sirait saat dihubungi ANTARA di Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Naslindo menyampaikan pula capaian tersebut tidak terlepas dari semangat UMKM-UMKM di Sumatera Utara yang sangat antusias mengikuti festival ataupun bazar UMKM di tengah pelaksanaan PON 2024 ini.

"UMKM sangat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, baik dalam bentuk festival, bazar, maupun side event lainnya," ucap dia.

Untuk mengoptimalkan penjualan UMKM Sumatera Utara dalam ajang PON, Naslindo menyampaikan pihaknya telah melakukan kurasi guna memastikan produk-produk yang ditawarkan kepada masyarakat memang berkualitas.

"Sebelum pelaksanaan kegiatan PON, kami telah mempersiapkan mulai dari kurasi hingga pemanggilan untuk produksi produk khas Sumut yang berlogo PON," ujar dia.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni dalam konferensi pers di Medan, Rabu (11/9) telah mengajak seluruh lapisan masyarakat Sumut agar memanfaatkan penyelenggaraan PON 2024 untuk mempromosikan segala potensi yang dimiliki Sumut.

Menurut dia, Sumut memiliki alam yang sangat indah, budaya yang kaya, makanan yang lezat, serta produk UMKM yang bervariasi serta berkualitas.

“Terus terang, rugi kalau ke Sumut hanya sebentar dan sekilas. Makanan di sini bervariasi dan sangat enak,” ungkap dia.

Dia lalu menilai penyelenggaraan PON 2024 di Sumatera Utara menjadi momentum yang sangat penting untuk memajukan daerah di segala bidang, terutama olahraga. Apalagi, kata dia melanjutkan, belum tentu Sumut akan kembali menjadi tuan rumah PON dalam waktu dekat.

Pada PON 2024, diketahui Pemprov Sumut menggelar festival dan bazar pada 7-15 September 2024 di sejumlah lokasi, seperti Lapangan Astaga Pancing, halaman Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan halaman Sport Center di Deli Serdang.

Baca juga: Cicipi martabak piring khas Medan di sela-sela PON XXI

Baca juga: UMKM turut semarakkan PON XXI di Aceh Timur

Baca juga: Nobar pembukaan PON XXI Aceh-Sumut datangkan sejumlah UMKM kuliner

Volume transaksi QRIS di Aceh bisa capai 10 juta lebih saat PON XXI

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita