Liga Champions Terancam Tidak Tayang di TV Nasional Setidaknya Hingga 3 Musim ke Depan Karena Alasan Ini - Zona Jakarta

 

Liga Champions Terancam Tidak Tayang di TV Nasional Setidaknya Hingga 3 Musim ke Depan Karena Alasan Ini - Zona Jakarta

ZONAJAKARTA.com - Pecinta sepak bola di tanah air harus bersiap-siap kehilangan tayangan Liga Champions yang selama ini selalu konsisten disiarkan oleh TV nasional setidaknya hingga tiga musim ke depan.

Selama lebih dari tiga dekade terakhir, Liga Champions tidak pernah absen mewarnai layar kaca TV nasional sehingga pemirsa di tanah air dapat menontonnya secara gratis.

Akan tetapi tradisi tersebut berpotensi "dirusak" lantaran perpindahan hak siar untuk siklus musim kompetisi 2024-2027.

Baca Juga: Lockheed Martin Akhirnya Mulai Kirimkan F-35 yang Sudah Dilakukan Peremajaan Teknologi Usai Lama Tertunda

Dilansir ZONAJAKARTA.com dari laman SportBusiness melalui artikel berjudul "EXCLUSIVE: BeIN to hold Uefa club rights in all its Asian markets" yang terbit pada 19 Juni 2024, beIN Sports dipastikan telah mengamankan hak siar UEFA Club Competitions musim 2024-2027 untuk sejumlah wilayah Asia Pasifik.

Beberapa negara tersebut meliputi Hong Kong, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Filipina, hingga Indonesia.

Hak siar UEFA Club Competitions tersebut meliputi Liga Champions, Europa League, Conference League, hingga UEFA Super Cup.

Khusus untuk wilayah Indonesia dan Filipina, tayangan tersebut sebelumnya disiarkan oleh broadcaster berbeda pada siklus musim 2021-2024.

Di mana UEFA melalui agensinya, T.E.A.M. Marketing menjalin kesepakatan dengan Emtek Group yang menayangkan melalui SCTV, MOJI, Vidio, dan Nex Parabola melalui saluran Champions TV untuk tiga musim terakhir.

Sementara di Filipina, hak siar kompetisi yang sama dipegang oleh TAP Media Digital Ventures yang menayangkan melalui multi-platform miliknya pada periode yang sama.

Baca Juga: Pendiri Batalyon Raider Tegaskan Negara Indonesia Mampu Berperang Selama 1.000 Tahun

Kondisi tersebut nantinya akan berubah mulai musim ini yang bakal dimulai pada Agustus 2024 mendatang.

Sebab baik Emtek maupun TAP Media Digital tidak lagi memiliki hak siarnya di wilayah teritori masing-masing seperti tiga musim sebelumnya.

Keduanya harus merelakan tayangan yang sebelumnya menjadi andalan mereka dalam tiga tahun terakhir lantaran UEFA menyatakan beIN Sports sebagai pemenang bidding yang prosesnya sudah dilaksanakan pada Februari

Menurut informasi dari laman resmi beIN Sports Indonesia, saluran olahraga premium (yang juga memiliki layanan OTT bernama beIN Sports Connect) asal Qatar ini dijadwalkan bakal menayangkan laga UEFA Super Cup antara Real Madrid vs Sevilla termasuk di wilayah NKRI.

Real Madrid merupakan juara Liga Champions musim 2023-2024, sementara Sevilla adalah juara Europa League pada musim yang sama.

Melansir laman UEFA.com, pertandingan tersebut bakal digelar di National Stadium Warsaw, Polandia pada Kamis, 15 Agustus 2024 pukul 02.00 WIB dinihari.

Baca Juga: Udara Timur Tengah Dikuasai Prancis, Rafale Bisa Mendominasi Langit Arab

Dengan berpindahnya hak siar Liga Champions musim 2024-2027 ke beIN Sports, kecil kemungkinan tayangan tersebut dapat dinikmati secara gratis melalui TV nasional di wilayah Indonesia.

Padahal saluran olahraga tersebut bukan pertama kalinya menayangkan ajang kompetisi sepak bola antarklub benua biru tersebut di tanah air.

Pada musim 2015-2018, beIN Sports pernah menayangkannya baik melalui layanan streaming yang dikelola secara mandiri maupun bekerja sama dengan sejumlah mitra TV berbayar di tanah air.

Bahkan mereka pernah menjual sublisensi tayangannya untuk platform terestrial (free to air) kepada RCTI (musim 2015-2016) dan SCTV (musim 2016-2018).

Di luar Liga Champions, perusahaan yang sama pernah menggandeng TV nasional untuk penayangan Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, dan FA Cup sejak pertama kali hadir di tanah air pada tahun 2013 hingga 2022.

Namun sejak musim 2022-2023, beIN Sports tidak pernah lagi bekerja sama dengan platform free to air manapun bersamaan dengan dimulainya periode transisi dari TV analog ke TV digital di tanah air atau yang disebut dengan analog switch off (ASO).

Sebaliknya, saluran tersebut kini justru tidak lagi tersedia di TV berbayar manapun pasca hengkang dari MNC Vision, K-Vision, dan MNC Play sejak November 2022 diikuti oleh IndiHome TV pada awal Juli 2024.

Meski demikian, pecinta sepak bola di tanah air masih memiliki peluang untuk menonton tayangan Liga Champions dan kompetisi antarklub di bawah naungan UEFA melalui layanan OTT milik Emtek yakni Vidio.

Hanya saja itu semua tergantung kelanjutan kerja sama antara beIN Sports dengan Vidio ke depannya.

Sampai dengan Sabtu, 20 Juli 2024 pukul 18.40 WIB, belum ada konfirmasi apapun dari pihak Vidio mengenai kepastian kelanjutan penayangan Liga Champions di platform streaming tersebut.***


Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita