Atlet Makan Telat, PB PON Aceh Sebut Perbedaan Waktu Sarapan Ikut Berpengaruh - Kompas

 

Atlet Makan Telat, PB PON Aceh Sebut Perbedaan Waktu Sarapan Ikut Berpengaruh

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tengah menjadi sorotan terkait konsumsi hingga fasilitas venue.

Khususnya di Aceh, konsumsi dipersoalkan karena ketepatan waktu dan kondisi makanan yang dinilai tidak sesuai dengan kontrak Rp 50.900.

Ketua Bidang Konsumsi PB PON Wilayah Aceh, Diaz Furqan mengatakan, ada beberapa faktor penyebab. Mulai dari faktor komunikasi Liaison Officer (LO) dengan penyedia makanan hingga jam makan atlet.

Baca juga: BPKP Aceh Turunkan Tim Awasi Pengadaan Konsumsi Atlet PON

Ia mencontohkan, kebanyakan atlet dari luar daerah sudah terbiasa makan sekitar pukul 05.00 WIB atau 06.00 WIB.

Apalagi dengan daerah Indonesia timur selisih waktu sekitar dua jam. Sementara di Aceh, rentang waktu tersebut masih Subuh.

"Saya pikir ini juga menjadi kendala bagi kita, dan pada jam-jam pagi itu LO kita banyak yang belum hadir. Karena memang ada LO kita yang menunaikan salat Subuh dulu jadi belum hadir di hotel," katanya dalam konferensi pers di media center PON Wilayah Aceh, Kamis (12/9/2024).

Baca juga: Ini yang Bikin Konsumsi Atlet PON Terlambat bahkan Ada Makanan Basi

Sementara penyedia makanan, baru mulai memasak pukul 03.00 WIB. Perbedaan waktu ini ikut berpengaruh. Di sisi lain, penyedia makanan terlambat, terutama pada jam-jam sibuk.

"Itu akan sangat berpengaruh dengan waktu pengantaran, terutama di siang hari," ucapnya.

Diaz mengakui jika keluhan soal keterlambatan konsumsi ini sudah menjadi sorotan. Bahkan, keterlambatan paling fatal terjadi pada 7-8 September 2024.

"Saat puncak-puncaknya para atlet datang ke Aceh untuk mengikuti perhelatan PON XXI Aceh-Sumut," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita