Atap Ambruk di Venue Tembak PON Aceh-Sumut, Menpora Sebut Faktor Cuaca *- Kompas

 

Atap Ambruk di Venue Tembak PON Aceh-Sumut, Menpora Sebut Faktor Cuaca

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan penjelasan soal ambruknya atap venue cabang olahraga menembak Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di Aceh Besar, Aceh, Selasa (17/9/2024).

Dito menyampaikan, ambruknya atap tersebut karena cuaca ekstrem.

"Baru saja ada kejadian hari ini menyedihkan sedikit ada atapnya bocor di venue tembak, yang mana dikarenakan hari ini terjadi cuaca ekstrem yang debit hujannya di atas 100," kata Dito di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Baca juga: Talang Ambruk dan Banjir di Venue Menembak, Pertandingan Ditunda

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, ambruknya atap venue itu terjadi saat sedang tidak ada pertandingan.

"Tetapi Alhamdulillah saat kejadian itu tidak dalam pertandingan dan bukan tempat latihan atau tanding. Jadi itu tempat atlet menunggu," ujar dia.

Venue itu, menurut Dito, langsung diperbaiki oleh Kementerian PUPR.

"Dan sekarang langsung proses perbaikan oleh PUPR," kata Dito.

Ambruknya atap venue cabang olahraga menembak PON XXI Aceh-Sumut terjadi pukul 09.00 WIB, Selasa (17/9/2024).

Dari video yang dikirimkan atlet kontingen Jawa Timur, Rafi Arofah Dirgantari, terlihat beberapa atlet dan staf sedang merekam kondisi dalam bangunan yang bocor.

Baca juga: Pengerjaan Venue Cabor Menembak PON XXI di Aceh Belum Rampung

Tiba-tiba, atap venue roboh dan jatuh bersamaan dengan air hujan. Sejumlah atlet dan staf berteriak dan berlari menghindar.

"Jadi lapangan itu dibagi dua, yang ambruk sudah selesai pertandingannya. Nah, dampaknya ke lapangan sebelah. Lapangan sebelahnya ini lagi berlangsung pertandingan. Jadi, yang ambruk sekarang untuk atlet latihan kering atau istirahat aja. Waktu atap ambruk, Alhamdulillah-nya enggak ada korban jiwa," ujar Rafi saat dihubungi, Selasa.


Saat kejadian, kata Rafi, kondisi cuaca di Aceh sedang diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Bahkan, saat ini lapangan menembak ikut banjir.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, mengatakan, atap venue menembak ambruk akibat cuaca buruk.

"Hujan ini tergolong ekstrem ditambah angin sangat kencang, sehingga ada bagian talang airnya itu tidak mampu menampung hingga jebol," kata Marciano dalam konferensi pers di media center PON Wilayah Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita