6 Calon Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United - Bola net

 

6 Calon Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United - Bola

Oleh: Aga Deta

Manajer Manchester United Erik Ten Hag. (c) AP Photo/Dave Thompson

Bola.net - Manchester United kembali mengalami kekalahan yang menyakitkan. Kali ini, Tottenham yang berhasil mempermalukan Setan Merah.

Manchester United dipaksa menyerah 0-3 dari Tottenham di Old Trafford. Kini Setan Merah tercecer di peringkat ke-12 pada klasemen sementara Premier League.

Kekalahan ini memunculkan pertanyaan tentang masa depan Erik ten Hag di Old Trafford. Di musim ketiganya, performa Manchester United masih belum konsisten.

Banyak pihak mulai meragukan apakah Ten Hag adalah sosok yang tepat untuk membawa Manchester United kembali berjaya. Jika perubahan diperlukan, Setan Merah perlu mencari juru taktik baru.

Berikut adalah enam calon pengganti yang mungkin bisa dipertimbangkan oleh Manchester United sebagai pengganti Erik Ten Hag.

1 dari 6 halaman

1. Ruud van Nistelrooy

Pelatih Manchester United, Ruud van Nistelrooy (c) MUFC Official

Pelatih Manchester United, Ruud van Nistelrooy (c) MUFC Official

Ruud van Nistelrooy telah memulai karier kepelatihannya dengan gemilang di PSV Eindhoven. Ia kembali ke Manchester United pada awal musim ini untuk menjadi asisten pelatih Erik Ten Hag.

Van Nistelrooy sudah punya pemahaman mendalam tentang budaya klub dan tuntutan penggemar. Ia dulu pernah menjadi striker tajam untuk Setan Merah.

Mengingat situasi klub saat ini, Van Nistelrooy sangat mungkin untuk menggantikan Erik Ten Hag. Ia bisa membawa semangat baru dan pengaruh positif jika diberi kesempatan di kursi manajer.

2 dari 6 halaman

2. Graham Potter

Manajer Chelsea Graham Potter. (c) AP Photo/David Cliff

Manajer Chelsea Graham Potter. (c) AP Photo/David Cliff

Graham Potter menarik perhatian selama waktunya di Brighton. Pelatih asal Inggris tersebut memiliki gaya permainan menyerang yang menarik.

Sayangnya, Potter gagal total saat dipercaya untuk menangani Chelsea. Ia dipecat pada 2023 lalu setelah klub menunjukkan performa yang tidak mengesankan di bawah asuhannya.

Meski kariernya di Chelsea kurang sukses, Potter tetap dikenal sebagai pelatih berbakat yang mampu mengembangkan tim. Jika Manchester United ingin proyek jangka panjang dengan filosofi yang jelas, Potter bisa menjadi pilihan tepat.

3 dari 6 halaman

3. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel pada laga leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024, Bayern Munchen vs Real Madrid (c) AP Photo/Manu Fernandez

Thomas Tuchel pada laga leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024, Bayern Munchen vs Real Madrid (c) AP Photo/Manu Fernandez

Thomas Tuchel sudah membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih kelas dunia. Juru taktik asal Jerman itu berhasil memenangkan Liga Champions bersama Chelsea.

Tuchel saat ini tidak punya klub setelah meninggalkan Bayern Munchen pada akhir musim lalu. Ia berhasil memenangkan gelar Bundesliga selama berkarier di Allianz Arena.

Tuchel punya segudang pengalaman melatih klub-klub besar. Ia terbiasa menangani tekanan sehingga membuatnya menjadi pilihan yang kuat untuk membawa Manchester United kembali ke papan atas.

4 dari 6 halaman

4. Gareth Southgate

Gareth Southgate saat memimpin Inggris di final Euro 2024. (c) AP Photo/Martin Meissner,

Gareth Southgate saat memimpin Inggris di final Euro 2024. (c) AP Photo/Martin Meissner,

Gareth Southgate telah menunjukkan kemampuannya sebagai pelatih di timnas Inggris. Ia berhasil membangun tim yang disiplin dan kompetitif untuk bertarung di turnamen internasional.

Southgate memang kurang pengalaman di level klub. Meski begitu, Southgate memiliki kemampuan mengelola ego pemain bintang dan menjaga kekompakan tim.

Manchester United bisa mempertimbangkan Southgate untuk membawa stabilitas dan mentalitas kuat ke tim. Southgate sebelumnya memang sangat santer dikaitkan dengan Setan Merah.

5 dari 6 halaman

5. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri. (c) Alfredo Falcone/LaPresse via AP

Massimiliano Allegri. (c) Alfredo Falcone/LaPresse via AP

Massimiliano Allegri adalah pelatih dengan rekam jejak kemenangan yang kuat di Juventus. Ia berhasil mempersembahkan lima gelar Serie A dan sejumlah trofi lainnya.

Aleegri terkenal dengan pendekatan defensifnya yang solid, tetapi juga mampu menciptakan serangan yang efektif. Ia saat ini sedang menganggur usai dipecat oleh Juventus setelah menjuarai Coppa Italia.

Jika Manchester United menginginkan pelatih dengan rekam jejak kemenangan dan pendekatan taktik yang lebih konservatif, Allegri adalah kandidat yang patut dipertimbangkan.

6 dari 6 halaman

6. Ole Gunnar Solskjaer

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Nama Ole Gunnar Solskjaer masih memiliki tempat di hati para pendukung Manchester United. Ia sebelumnya pernah menangani Setan Merah setelah kepergian Jose Mourinho.

Solskjaer dipecat Manchester United pada 2021 lalu. Meskipun masa jabatannya sebelumnya berakhir dengan kekecewaan, Solskjaer mampu membawa stabilitas pada beberapa momen penting.

Jika klub membutuhkan transisi sementara, Solskjaer bisa menjadi pilihan yang nyaman dan familiar. Ia belum lama ini menyatakan keinginan untuk kembali menjadi pelatih Setan Merah.

Baca Juga

Komentar

 Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita